Adies Kadir

Golkar Bangkit, Golkar Bersih, Golkar Maju, Golkar Menang.

Breaking

Minggu, 08 Desember 2019

Setelah 1 Bulan Kosong, Kapolri Tunjuk Irjen Listyo Sigit Jadi Kabareskrim

Irjen Listyo Sigit Prabowo, mantan ajudan Presiden Jokowi yang ditunjuk sebagai Kabareskrim, menggantikan Idham Aziz.



Jakarta, TN- Teka-teki siapa jenderal bintang dua yang menggantikan posisi Idham Aziz sebagai Kabareskrim Mabes Polri, akhirnya terjawab. Irjen Listyo Sigit Prabowo adalah Perwira Tinggi yang mendapat mandat itu, melalui telegram bernomor nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019).

Dengan penunjukkan mantan ajudan Presiden Jokowi sebagai Kabareskrim ini, praktis bintang yang ada di pundak Irjen Listyo bertambah satu, menjadi Komjen. Keputusan Kapolri Idham Aziz ini, mendapat apresiasi positif dari banyak pihak. Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, Ahmad Sahroni menilai,  sesuai dengan rekam jejaknya, Irjen Listyo Sigit Prabowo sosok yang tepat untuk mengemban jabatan Kabareskrim.
“Terjawab sudah penggunaan hak prerogatif Kapolri dalam hal memilih Kabareskrim baru. Dan terbukti bahwa pilihannya adalah yang terbaik,” kata Sahroni kepada wartawan, dikutip dari Detik.com.

Menurutnya, Irjen Listyo Sigit Prabowo bukan jenderal sembarangan dalam mengisi kekosongan jabatan strategis, sejak Presiden Jokowi mengangkat Jenderal Idham Aziz sebagai Kapolri sejak 1 November 2019.
Sebelum ditunjuk sebagai Kabareskrim, Irjen Listyo menjabat Kadiv Propam Polri. Dia juga pernah mengemban tugas sebagai Direskrimum Polda Sulawesi Tenggara.
“Beliau (Irjen Listyo) juga sudah melewati mekanisme di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti), sehingga kemampuannya memimpin Kabareskrim tak perlu diragukan lagi,” ucap Sahroni.
Dalam telegram Polri ini, selain mengangkat Listyo sebagai Kabareskrim, juga tercantum pengangkatan Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono, yang menggantikan Irjen Listyo sebagai Kadiv Propam.

Sekretaris Fraksi Golkar, Adies Kadir menyambut baik atas ditunjuknya Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim oleh Kapolri Jenderal Idham Azis. Rekam jejak Komjen Listyo Sigit dinilai mumpuni.
Hal ini dapat dilihat dari jabatan yang diemban sebelumnya yakni Kasubdit Bareksrim Mabes Polri, Dirreskrim Polda Sulawesi Tenggara, Kapolda Banten dan terakhir Kepala Divisi Propam Kepolisian Negara Republik Indonesia.
“Komjen Listyo Sigit Prabowo ini mempunyai rekam jejak yang jelas serta telah melalui proses wanjakti, maka sudah tepat Kapolri menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim,” kata Adies Kadir.
Demikian pula dari sisi intelektual, Adies Kadir menyebut Komjen Listyo Sigit adalah lulusan S2 Universitas Indonesia. “Kita harapkan di bawah kepemimpinan Kabareskrim yang baru, kinerja kepolisian semakin baik, penanganan kasus-kasus semakin profesional dan bersahabat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Pada tahun 2011, Listyo Sigit pernah menjabat sebagai Kapolres Solo. Dia menyandang pangkat Komisaris Besar Polisi saat itu. Listyo Sigit saat menjabat Kapolres Solo pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah.
Loncat ke tahun 2014, Listyo Sigit dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi yang saat itu memerintah bersama dengan Jusuf Kalla. Kombes Listyo Sigit mulai bertugas menjadi ajudan Jokowi dari kalangan polisi pada Senin, 27 Oktober 2014.
Dua tahun berselang, Listyo Sigit kembali mendapat promosi. Dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi, Listyo Sigit dipercaya menduduki posisi Kapolda Banten. Sebagai Kapolda Banten, Listyo Sigit sempat mengamankan Pilgub Banten 2017 dan Pilkada serentak 2018. Listyo Sigit bertugas sekitar 2 tahunan sebagai Kapolda Banten.

Pada 2018, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu anggota yang mendapatkan promosi jabatan di lingkungan Polri. Dia diangkat menjadi Kadiv Propam menggantikan Irjen Martuani Sormin, yang ditugaskan sebagai Kapolda Papua. Dia juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal Polisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot